Ngopi - Bola vs Mobil

Halo kelas 10. Apa kabar? Semoa hari ini menyenangkan ya. Sudahkah hari ini kalian membuat orang lain tersenyum? Kalau belum, coba lakukan sekarang. Baru kembali ke laman ini dan simak bahasan berikutnya. 

Pernahkah kalian bermain sepak bola? Ada bola dari plastik dan bola dari karet. Coba ingat-ingat, saat bola ditendang dan bergerak dengan kecepatan yang sama, apakah kedua bola tadi akan berhenti pada waktu yang sama? Kira-kira kenapa ya?

Oke, cerita kedua. Pernah menendang bola ke arah tembok? Apa yang akan terjadi pada bola tadi? Bola akan mental dan terlempar kembali. Tapi bagaimana dengan temboknya? Masih aman kan? Nah, beda cerita kalau mobil yang digerakkan menuju tembok tadi. Bisa jadi, karena ditabrak mobil, tembok akan rubuh atau hancur. Kira-kira kenapa ya? 

Bola tidak akan membuat tembok rubuh, meski memiliki kecepatan yang sama dengan mobil. Berbeda dengan mobil yang hanya bergerak pelan, mungkin dapat merobohkan pagar atau tembok yang ditabraknya. Apalagi jika mobil bergerak dengan kecepatan tinggi ya. Nah, gimana nih ceritanya kalau dua mobil dengan kecepatan tinggi bertabrakan? Apa yang akan terjadi ya?


Dalam ilmu Fisika terdapat dua jenis momentum, yaitu momentum linear dan momentum sudut. Momentum linear sering disingkat saja dengan MOMENTUM. Momentum linear adalah momentum yang dimiliki oleh benda yang bergerak lurus. Sedangkan momentum sudut adalah momentum yang dimiliki oleh benda yang bergerak melingkar. Sebenarnya, apa sih momentum ini? Oh ya, momentum selalu ditemani dengan IMPULS. Siapa sih mereka ini? Penjelasan dua sahabat momentum dan impuls ini, ada di video berikut ya. 


Gimana? Sudah ditonton video-nya sampai tuntas?

Eits, bagi yang ingin cek rumus singkat padatnya, boleh cek di sini juga ya. 

Kalau sudah, sekarang saatnya isi kuis berikut ya. Jangan lupa login ke akun gmail. Tidak harus gmail pribadi, boleh gmail siapa saja. Yang penting isikan nama dan absen dengan benar ya, agar hasilnya terdata. Bukti absen kali ini dengan mengerjakan kuisnya. 




Selamat bersenang-senang 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.