Ngopi - Dawai (dan teman-temannya)

Tahu gitar dong? Itu lho, yang kalau dipetik bisa bikin baper. Ahelaaa ... ini bukan mau pedekate dong. Eh iya, gitar (dan banyak alat musik lainnya) punya bagian penting yakni senar atau dawai. Bisa nggak nyebutin alat musik lainnya yang sejenis dengan gitar ini? 
gitar
cowok bergitar. sumber gambar : indozone

Nah jadi, yang bisa menghasilkan suara pada gitar adalah si dawai ini. Nggak sendirian sih (emang kamu), untuk menghasilkan bunyi, gitar perlu ditemani dengan udara yang ada di sekitarnya, terutama yang ada di dalam badan gitar. Enggak, ini nggak akan bahas gitar secara detail sih. Cuma mau bahas dawainya aja.
Jadi, kalau senar atau dawai pada gitar yang dipetik (digetarkan), gelombang transversal yang menjalar pada senar akan dipantulkan oleh kedua ujung terikatnya (inget materi pemantulan gelombang!). Nah perpaduan antara gelombang datang dan gelombang pantul inilah yang menghasilkan gelombang stasioner. Pernah nggak kepikiran, sebenarnya yang membuat suara berbeda saat senar gitar dipetik itu apaan? Pelan atau kencengnya narik senar atau besar kecilnya senar? Pada frekuensi tertentu akan dihasilkan pola gelombang stasioner seperti gambar berikut. Frekuensi yang menghasilkan pola-pola ini disebut frekuensi alami atau nada harmonik dawai.
Gelombang pada dawai
Gelombang pada dawai
Secara umum, hubungan antara panjang dawai dan panjang gelombang untuk nada atas ke-n daat ditulis sebagai berikut.

Rumus dawai
Rumus dawai

Perbandingan antara frekuensi nada dasar dan frekuensi nada atas ke-n merupakan bilangan bulat positif.

f0 : f1 : f2 : ... = 1 : 2 : 3 : ...

Contoh soal :

Seutas senar harpa memiliki panjang 1,10 m dan massa 9,00 gram. Berapa tegangan yang harus diberikan pada senar agar senar bergetar dengan frekuensi dasar 130 Hz?
L

Contoh soal yang lain, bisa cek video berikut ya

Selamat belajar

Sumber:
Chasanah, Risdiani, dkk. 2019. Fisika Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Klaten:Intan Pariwara

8 komentar:

  1. Sri widia Astuti
    11
    No absen 12 mo

    BalasHapus
  2. Ivani setyaningtyas
    11IPA 1
    06
    Simingit#dirumahaja missyuu siunik fisika besok pas masuk auto praktek ya bu bening gitaran ipani nyanyi dijamin ngeunah pisan😂 lop yu more be safety cinta

    BalasHapus
  3. Dea Viana febriani
    XI IPA 1
    02

    BalasHapus
  4. Dea Viana ferbriani
    XI IPA 1
    02

    BalasHapus
  5. Yuniati priyatiningsih
    11 IPA 1
    19

    BalasHapus