Ngopi - Alat Optik

Alat optik merupakan alat-alat fisis yang memanfaatkan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya. Beberapa alat optik diantaranya mata, lup, kamera, mikroskop, dan teleskop. 

Mata merupakan alat optik alami yang dialami manusia. Pembentukan bayangan yang jatuh di retina (pada mata) bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil. Pada mata normal umumnya dapat melihat pada jarak 25 cm (titik dekat mata) hingga jarak tak terhingga (titik jauh mata). 
Ada beberapa kejadian dimana terjadi ketidaknormalan penglihatan atau cacat mata. Beberapa cacat mata yang biasanya terjadi diantaranya rabun jauh (miopi), rabun dekat (hipermetropi), mata tua (presbiopi), dan asigmatisma (silindris). 

Kamera merupakan alat optik yang berfungsi untuk mengambil gambar suatu objek atau benda. Kamera memiliki cara kerja yang mirip dengan cara kerja mata. Oleh karena itu pembentukan bayangan pada kamera memiliki sifat bayangan yang sama dengan bayangan 48 yang dibentuk oleh mata, yaitu nyata, terbalik, dan diperkecil. 

Lup adalah alat optik yang terdiri dari sebuah lensa cembung rangkap (bikonveks), dan disebut juga kaca pembesar. Lup berfungsi untuk melihat benda-benda kecil agar tampak lebih besar. Pembentukan bayangan oleh lup bersifat maya, tegak, dan diperbesar. 

Mikroskop merupakan alat optik yang berfungsi untuk melihat benda-benda kecil (mikro) seperti bakteri, penampang sel, dan sejenisnya. Mikroskop terdiri dari dua buah gabungan lensa cembung: lensa okuler dan lensa objektif. Mikroskop dapat menghasilkan pembesaran bayangan benda mikro hingga beberapa kali lebih besar. 

Berbeda halnya dengan mikroskop yang digunakan untuk melihat bendabenda mikro, teleskop merupakan alat optik yang digunakan untuk melihat benda-benda yang letaknya jauh agar tampak lebih dekat dan jelas. Ada dua jenis teleskop yang biasa digunakan, yaitu teleskop bias dan teleskop pantul. Teleskop bias menggunaka sejumlah lensa dan bekerja berdasarkan prinsip pembiasan, sedangkan teleskop pantul menggunakan sejumlah lensa dan cermin dan bekerja berdasarkan prinsip pembiasan dan pemantulan.

Untuk materi lebih lengkapnya, kalian bisa juga unduh pada materi Cahaya dan Alat Optik ini.

Pekan ini, tidak ada tugas mengerjakan soal, karena kalian akan membuat prakarya dengan memanfaatkan konsep cahaya dan alat optik. Tapi sebelum praktik, yuk simak video berikut ini dulu.

Video 1
Video 2

Video 3
Ada tiga video pembuatan DIY proyektor yang bisa kalian simak di atas. Kalian bebas memilih video mana yang akan dijadikan contoh. Nah, sekarang tugasnya ya.

Tugas kalian adalah MEMBUAT PROYEKTOR SEDERHANA seperti pada video di atas. Gunakan peralatan yang ada di sekitar kalian.
Waktu pengerjaan adalah DUA PEKAN. Silahkan buat rekaman singkat (max 1 menit) proses pembuatan proyektor tersebut (lebih baik tambahi narasi juga), dan foto hasil akhir saat kalian memanfaatkan proyektor tersebut untuk menonton. Kirim video dan hasilnya ke WA bu bening. 
Bagi yang sudah jadi, bisa langsung dikumpulkan kapan saja. Maksimal mengumpulkan sampai 28 April 2020.

Selamat bersenang-senang ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar