Mau jadi Ilmuwan? Kamu Harus Punya Lima Sikap Ini

Fisika sebagai cabang ilmu butuh orang-orang kreatif di dalamnya. Karena hanya dengan kreativitas orang-orang itulah bisa tercipta produk-produk fisika seperti model, hukum, dan juga teori.

ilmuwan
ilmuwan fisika. sumber gambar : liputan6

Nah, kreatif-nya ilmuwan fisika juga tidak bisa sembarangan. Mereka harus menempuh proses pengamatan, pengukuran, penyeledikan, dan eksperimen. Baru kemudian didapat hasilnya.
Eits, hasil ini pun ternyata tidak selalu final. Hasil ini juga masih bisa mengalami perubahan, perkembangan maupun pergantian. Oleh karena itu, penting bagi ilmuwan untuk memiliki lima sikap ini.

Pengamatan Tajam

Ilmuwan dituntut untuk peka terhadap sekelilingnya. Selain itu, ia juga harus bisa memilih mana yang penting dan mana yang tidak. Pengamatan yang tajam menjadi awal bagi seorang ilmuwan untuk melakukan penelitian lebih lanjut.

Obyektif

Dalam mengamati segala hal atau fenomena alam di sekitarnya, ilmuwan harus obyektif. Ia tidak bisa secara instan langsung menyimpulkan sesuatu tanpa melalui proses penelitian dan uji kebenaran. Selain itu, dia juga harus bisa membedakan mana yang merupakan fakta dan asumsi semata.

Kemauan berbagai

Informasi hasil pengamatan adalah hal yang sangat penting bagi ilmuwan. Catatan yang akurat ini tidak bisa hanya disimpan sendiri tanpa dibagikan dengan ilmuwan lainnya. Apa tujuannya? Dengan membagikan informasi, maka produk yang dihasilkan bisa dilakukan uji ulang untuk semakin memperkuatnya ataupun dapat dilakukan perbaikan oleh ilmuwan lainnya.

Berpikiran Terbuka

Apabila ternyata hasil pengamatannya tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman dan perlu ditambah atau diperbaiki, maka seorang ilmuwan harus berpikiran terbuka terhadap perbaikan itu. Dia tidak boleh menganggap dirinya paling benar sendiri. Pun tidak mau menerima masukan dari orang lain terhadap penemuanya. Seorang ilmuwan yang berpikiran terbuka akan memiliki pendapat yang fleksibel dan terbuka dengan segala kemungkinan yang ada.

Rasa Ingin Tahu dan Penasaran

Tanpa rasa ingin tahu dan penasaran, maka ilmuwan tidak akan memiliki kepekaan terhadap sekitarnya. Tanpa hal ini, maka kemungkinan tidak akan ada penemuan yang dihasilkan. Maka sangat penting seorang ilmuwa memiliki rasa ingin tahu dan penasaran yang tinggi.

Demikian tadi lima sikap ilmuwan yang baik. Sebelum benar-benar jadi ilmuwan di masa depan (amiiin), yuk belajar dulu membiasakan diri dengan kelima sikap ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.